Mirrorless Camera (1)

Baru-baru ini Canon meluncurkan kamera digital baru untuk melengkapi jajaran produknya. Hal ini tentunya sudah biasa karena memang Canon adalah pemain lama di jajaran kamera digital. Namun, yang unik adalah Canon meluncurkan kamera seri mirrorless yaitu kamera EOS M. Kenapa unik?karena ini adalah kamera mirrorless pertama dari Canon. Sebelumnya, Canon terlihat santai menyikapi trend kamera mirrorless dan cenderung tidak mau terjun ke dalam kompetisi. Tetapi, Canon rupanya sadar bahwa potensi kehilangan pasar akan sedemikian besar jika mereka tidak memiliki jajaran produk kamera mirrorless. Karena, kamera mirrorless dipercaya akan menjadi masa depan dari kamera digital.

Mirrorless Camera picture 1

Younameit! Productions (Gambar : http://upload.wikimedia.org/)

Saya mencoba mengulas tentang kamera mirrorless ini dari berbagai sumber yang saya baca.  Menurut fotografer senior Kompas, Arbain Rambey, dalam salah satu tweet-nya mengatakan bahwa kamera mirrorless akan menjadi masa depan dari kamera digital karena mirror sebenarnya tidak dibutuhkan lagi dan banyak kekurangannya. Kekurangannya yaitu apabila mirror menggunakan pegas yang kuat, maka bisa sering copot atau pecah. Sementara, apabila mirror menggunakan pegas yang lemah, kamera tersebut tidak mampu melakukan fps tinggi. Untuk hasil sendiri, dengan semakin besarnya sensor yang digunakan oleh kamera mirrorless maka kualitas gambar pun semakin tidak bisa dibedakan. Maka dari itu, mirror tidak lagi terlalu dibutuhkan dalam kamera.

Kamera mirrorless atau disebut juga Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC), bisa diartikan juga sebagai kamera tanpa cermin seperti pada SLR, yang lensanya dapat digonta ganti. Ada juga yang menyebutnya dengan CSC atau Compact Camera System. Banyak sebutan untuk kamera tipe mirrorless ini. Ide untuk kamera mirrorless ini sendiri muncul atas kebutuhan akan sebuah kamera yang mampu menyamai kualitas gambar kamera SLR, bisa diganti lensanya, dan yang terpenting adalah ukuran yang relatif kecil. Atas kebutuhan itu kamera MILC kemudian muncul ditandai dengan peluncuran kamera Epson R-D1 pada 2004. Ukuran sensor yang digunakan dalam kamera MILC ini berbeda-beda. Semakin besar akan semakin mendekati kualitas SLR dan juga harganya semakin mahal. Salah satunya adalah Leica yang mengeluarkan kamera MILC dengan ukuran sensor full frame pada kamera Leica M9.

Mirrorless Camera picture 2

Younameit! Productions (Gambar : http://upload.wikimedia.org/)

 

Penulis : Reza Iswahyudi Rusdi / @rezarusdi (sutradara dari Younameit! Productions)

Kunjungi juga web kami di http://www.younameit-id.com/

About rezarusdi

Director of Younameit! Productions
This entry was posted in Artikel, Photography, Videography and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Mirrorless Camera (1)

  1. Pingback: Mirrorless Camera (2) | Younameit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>