DVD review : Pirates of Silicon Valley

Weekend ini saya ingin mereferensikan DVD yang menurut saya sangat menarik. Apalagi buat kita generasi muda jaman sekarang yang sudah begitu lekat dengan gadget, tidak mungkin tidak kenal kedua nama ini. Sebagian orang mungkin sudah banyak yang tahu mengenai sejarah dari kelahiran Apple Computer dan Microsoft. Dan tidak sedikit juga yang tahu tentang pribadi dari perintis kedua perusahaan bergengsi tersebut, yakni Steve Jobs dan Bill Gates. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ada satu film televisi dokumenter produksi tahun 1999 oleh Martyn Burke, yang mengangkat kisah keduanya bertajuk Pirates of Silicon Valley.

Younameit! Productions (Pirates of Silicon Valley : http://joegamesaga.com/)

Younameit! Productions (Pirates of Silicon Valley : http://joegamesaga.com/)

Film lepas berdurasi 95 menit ini kurang lebih menceritakan  kronologis awal kelahiran dari Microsoft yang dirintis oleh Bill Gates, dan Apple Computer, yang dirintis oleh Steve Jobs. Di film ini, Steve Jobs muda yang diperankan oleh Noah Wyle digambarkan sebagai mahasiswa U.C Berkeley yang bisa dikategorikan sebagai kaum hippies di tahun 1970-an. Steve Wozniak rekan kuliah Jobs, yang diperankan oleh Joey Slotnick, menggambarkan sosok Jobs yang memandang segala hal dari sudut pandang berbeda, tidak seperti mahasiswa lain pada masanya. Ia mengatakan, jika mahasiswa lain seperti dia hanya melihat circuit board atau kilobyte, maka Jobs akan melihat dan peduli tentang karma dan alam semesta. Di periode waktu yang sama, film ini juga menceritakan bagaimana Bill Gates (Anthony Hall) yang masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard yang akhirnya keluar dari universitas tersebut untuk mendirikan perusahaan sendiri yang dinamainya Microsoft. Bahkan film ini juga menggambarkan bagaimana Apple Computer didirikan di sebuah garasi rumah. Tidak hanya menceritakan bagaimana persaingan keduanya , film ini juga menyoroti kehidupan pribadi Jobs dengan pacarnya, dan anak yang sempat tidak diakui oleh Jobs. Bahkan dalam film ini, banyak diperlihatkan bagaimana sifat dan perilaku Jobs yang agak mengejutkan.

Film ini mendapatkan respon positif dari penonton, juga berhasil mencapai rating sebesar 86% dari Rotten Tomatoes. Di ajang American Cinema Editors tahun 2000, film ini berhasil menjadi pemenang dalam kategori Best Edited Motion Picture Movie for Commercial Television, juga menjadi nominasi dalam ajang Emmy Awards (1999) untuk kategori Outstanding Made for Television Movie, Outstanding Casting for a Miniseries or a Made for Television Movie, Outstanding Single Camera Picture Editing for a Miniseries or a Movie, dan Outstanding Sound Mixing for a Miniseries. Penyuntingan gambar serta proses editing yang cukup rapi, membuat film ini tidak terkesan murah atau abal-abal. Gaya bertutur dari dua narasumber yang menceritakan karakter dari Jobs dan Gates serta urutan waktu yang menggunakan konsep flashback tidak membuat film ini menjadi membosankan seperti fim dokumenter sejarah pada umumnya. Film ini bisa dijadikan salah satu rekomendasi untk mengisi ahir pekan kali ini. Penasaran?! Segera cari DVDnya : Pirates of Silicon Valley.

Penulis : Emilia Trisni Ekowati

http://younameit-id.com/

About rezarusdi

Director of Younameit! Productions
This entry was posted in Artikel, Review and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>