DVD Review : Thank You for Smoking

Sudah hari Jumat, berarti saatnya menyiapkan set list DVD untuk kamu tonton. Film drama komedi produksi tahun 2005 yang hendak saya review ini, bisa jadi pilihan untuk kamu menghabiskan akhir pekan. Film yang disutradarai oleh Jason Reitman ini menceritakan tentang kehidupan seorang pelobi, Nick Naylor (Aaron Eackhart), yang bekerja sebagai juru bicara di Academy of Tobacco Studies. Sehari-harinya, Nick sukses menjadi seorang pelobi bagi perusahaan dan masyarakat dan mematahkan gagasan mereka tentang efek negatif yang ditimbulkan oleh rokok. Ia memiliki 2 sahabat karib yang bekerja di perusahaan alkohol dan senjata, dan sering mengadakan pertemuan rutin setiap harinya dengan menamakan diri mereka sebagai kelompok MOD, pedagang kematian. Nick sangat sukses dalam menjalani pekerjaannya ini, bahkan ia berhasil membuat Senator Ortolan Finistirre (William H. Macy) mati kutu. Namun, ketika Nick bertemu dengan Heather Holloway (Katie Holmes), wartawan cantik yang mewawancarainya di sebuah kesempatan, hidup Nick berubah 180 derajat, bahkan mempengaruhi hubungannya dengan anaknya-Joey, sahabat karibnya, serta pekerjaannya sebagai seorang pelobi.

Younameit! Productions (Gambar : http://imagemanagement.in/)

Younameit! Productions (Gambar : http://imagemanagement.in/)

Cerita yang ditawarkan dalam film berdurasi 92 menit ini menawarkan cerita yang pintar, namun tidak membosankan, karena dikemas dengan script yang menarik. Obrolan-obrolan segar antara tokoh yang terdapat dalam film ini ada yang membuat penonton tergelitik, namun juga menyeringai karena terdapat beberapa sindiran miris yang kerap terjadi di dunia nyata. Eksekusi gambar yang dipilih oleh sang sutradara, juga backsound lagu yang bertemakan tahun 60an, menambah keunikan dari film ini. Namun satu yang yang membuat saya tertarik dengan film ini adalah pembuka dari film yang menampilkan grafis iklan-iklan dari beberapa produk rokok di berbagai era.

Thank You for Smoking berhasil meraup keuntungan sebesar 39 juta Dollar AS di seluruh dunia. Angka tersebut termasuk yang tertinggi untuk box office  di Amerika Utara. Meski tidak memenangkan penghargaan, film ini berhasil menjadi nominasi di ajang Golden Globe Award untuk kategori Best Picture (Musical or Comedy) dan Best Actor untuk Aaron Eackhart. Selain itu, The Broadcast Film Association menominasikan Cameron Bright atas perannya sebagai Joey dalam film ini, untuk kategori Best Young Actor, dan menominasikan film ini dalam category Best Comedy. Sang sutradara, Jason Reitman pun mendapat penghargaan dari National Board of Review Motion Pictures untuk kategori Best Directorial Debut. This is a smart recommended movie to watch, happy watching!

Penulis : Emilia Trisni Ekowati

http://younameit-id.com/

 

About rezarusdi

Director of Younameit! Productions
This entry was posted in Artikel, Review and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>