Event : Instalasi Video (Art After Drama)

Peristiwa yang kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya tidak ubahnya seperti sebuah drama. Kita, manusia yang memiliki berbagai macam jenis karakter, sifat, serta perawakan juga tak jauh berbeda dengan seorang tokoh yang dimainkan dalam suatu pementasan drama. Krisna Murti, seniman video yang tinggal dan berkarya di Bandung, Jawa Barat, mencoba untuk menggagas konsep ini ke dalam sebuah pameran instalasi video yang bertajuk ‘Art After Drama’.
Dalam pemikiran Krisna Murti, sebagai sebuah ruang, layar penampil video tidak harus selalu berkutat pada kotak televisi. Tembok galeri yang melingkar hingga layar berbentuk oval dipakai oleh Krisna Murti sebagai media penampil karyanya. Konsep dasar dari karya Krisna Murti kali ini adalah kita sebagai individu berlaku sebagai aktor, dan orang-orang yang ada di sekitar kita adalah pemirsanya, selain itu kita menggunakan bahasa untuk menyatakan peristiwa tersebut. Sebagai aktor, Krisna menyatakan bahwa kita memainkan aneka peran yakni : berinteraksi dengan orang lain, menciptakan cerita sendiri, mempertunjukkan sesuatu, serta memberikan makna pada kehidupan ini.

Younameit! Productions (Art After Drama : http://salihara.org/)

Younameit! Productions (Art After Drama : http://salihara.org/)

Namun, karya seni yang ditampilkan oleh Krisna justru melampaui drama itu sendiri. Tidak seperti drama klasik pada umumnya, Krisna tidak akan menyuguhkan video tentang kisah yang berurutan. Dalam pameran kali ini, ia akan memberi kita kumpulan fragmenter gestur tubuh para penampil yang dianggap menantang hukum ruang dan waktu. Sebuah seni yang sangat unik, terutama bagi saya yang belum pernah melihat instalasi video yang menampilkan fragmenter gestur tubuh penampil. Tentu saja demi terbayarkannya rasa penasaran saya, pameran ini adalah salah satu pameran yang masuk dalam agenda saya untuk dikunjungi. Demi konsepnya itu, pada pameran kali ini, Krisna bekerja sama dengan sejumlah seniman yang akan memerankan tokoh berbeda-beda. Salah satu karya Krisna dalam pameran ini yang berjudul “Branded Fruits Archipelago”, bahkan sempat dipamerkan di ajang Art Stage Singapore 2013.

Pameran instalasi video ini sudah dibuka pada tanggal 20 Juli 2013 pk. 17.00 di Galeri Salihara, dan dipamerkan hingga tanggal 4 Agustus 2013 mulai pukul 11.00 – 20.00 untuk hari Senin s/d Sabtu, serta pukul 11.00 – 15.00 untuk hari Minggu. Pameran ini juga akan mengadakan bicang-bincang dengan para seniman di tanggal 27 Juli 2013 pukul 16.00 – 18.00. Info lebih lanjut mengenai jadwal dan tempat dapat mengunjungi www.salihara.org atau follow Twitter @salihara.

Penulis : Emilia Trisni Ekowati

http://younameit-id.com/

 

About rezarusdi

Director of Younameit! Productions
This entry was posted in Artikel, Review and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>