Event : Indonesia International Fantastic Film Festival (INAFFF) – Festival yang (lagi-lagi) Terbengkalai

Tadi siang, saya membuka situs resmi dari XXI, untuk melihat film apa yang bisa saya tonton di minggu ini. Awalnya, saya ingin menonton film-film Indonesia yang bengenre sci-fi atau thriller. Namun, yang saya lihat justru banyaknya deretan film Hollywood yang mendominasi dan beberapa film horor Indonesia. Jika dilihat dari judulnya saja (maaf) sudah tidak menarik. Kemudian, saya teringat dengan salah satu event tahunan yang sering menayangkan film-film bengenre ‘fantastik’, seperti horor, thriller, sci-fi, anime, dan fantasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Younameit! Productions (Ilustrasi : http://www.videogamesindonesia.com/)

Younameit! Productions (Ilustrasi : http://www.videogamesindonesia.com/)

INAFFF. Event ini terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2012 dan sempat menampilkan jejeran film karya anak bangsa yang bisa dibilang fenomenal, seperti The Raid dan Rumah Dara. Namun, mencapai tahun keenam, event ini terpaksa harus ditunda karena alasan klasik, yakni dana yang terbatas. Padahal, sejak awal pelaksanaannya di tahun 2007, INAFFF yang awalnya bernama Screamfestindo, sudah menjadi salah satu event yang paling dinantikan. Tidak hanya oleh para pecinta film bergenre fantastik, tetapi juga oleh para pelaku film.

Rusli Eddy, founder dan program director dari INAFFF mengatakan bahwa banyak permintaan para pelaku film dari luar, seperti film Crawl dari Australia yang menginginkan agar filmnya bisa ditayangkan di INAFFF. Event bergengsi ini sebenarnya tidak hanya menyelenggarakan pemutaran film-film saja, tapi juga dikombinasikan dengan adanya media workshop antara penonton dan pembicara-pembicara berpengalaman, untuk membedah lebih jauh mengenai film-film ‘fantastik’ ini secara cuma-cuma. Miris, jika event yang dapat menyokong ‘kebangkitan’ dan kemunculan perfilman Indonesia di kancah internasional, harus terhenti dengan cara seperti ini. Semoga saja, tahun depan kita bisa kembali menikmati INAFFF tentunya dengan line-up film-film karya anak bangsa yang berkualitas.

Penulis : Emilia Trisni Ekowati

http://younameit-id.com/

 

About rezarusdi

Director of Younameit! Productions
This entry was posted in Artikel, Behind The Story, Videography and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Event : Indonesia International Fantastic Film Festival (INAFFF) – Festival yang (lagi-lagi) Terbengkalai

  1. Gertie says:

    Phennmeoal breakdown of the topic, you should write for me too!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>