Event : Hari Film Nasional 2014

Industri film Indonesia boleh dibilang sudah kembali menggeliat. Momentum itu terjadi terutama pascapemutaran film Ada Apa Dengan Cinta di tahun 2002 dan sukses besar. Industri film di Indonesia sendiri sebenarnya memang bukan sebuah hal baru. Tahun ini adalah tahun ke-64 industri film di Indonesia berjalan, tepatnya jatuh pada tanggal 30 Maret silam. Untuk memperingati hal tersebut, Badan Perfilman Indonesia (BPI) menggelar sejumlah rangkaian acara mulai dari workshop, seminar, hingga diskusi dengan para pakar dan pemerintah.

Younameit! Productions (Ilustrasi : http://www.merdeka.com/)

Younameit! Productions (Ilustrasi : http://www.merdeka.com/)

Tahun ini, Semarang dan Banjarnegara akan menjadi tuan rumah dari rangkaian acara Hari Film Nasional 2014. Rangkaian acara tersebut terdiri dari :

1. ‘Orasi Sinema’ bertemakan ‘Film Indonesia dan Identitas Nasional dalam Kondisi Pascanasional’. Acara pembuka ini diadakan tanggal 27 Maret di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

2. Roadshow dan Diskusi Film dengan pemain serta sutradara. Dua film festival Indonesia, ‘9 Summers 10 Autumns’ dan ‘Sagarmatha’ akan diputar di Semarang dan Banjarnegara pada tanggal 27 Maret 2014.

3. Workshop Akting dan Pemutaran Film di 7 SMP/SMA se-Jabodetabek. Dalam acara ini, organisasi Rumah Aktor Indonesia (RAI) akan mengambil peran dan memberikan workshop tersebut mulai tanggal 27 Maret sampai dengan 4 April 2014.

4. Ziarah dan Tabur Bunga. Bertepatan dengan tanggal ulang tahun ke-64 Hari Film Nasional, yaitu pada tanggal 30 Maret 2014 diadakan tabur bunga di makam sutradara ‘Bapak Film Indonesia’, Usmar Ismail dan artis Sofya MD.

5. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menggelar syukuran bertempat di kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat pada 30 Maret 2014.

6. Mensosialiasikan video kampanye ‘Ayo Ke Bioskop’. Video tersebut nantinya akan disosialisasikan melalui iklan di bioskop maupun media sosial.

7. Diskusi Film dan Meet & Greet dengan Garin Nugroho serta Direktur Asiatica Film Mediale, Roma, Italo Spinelli. Acara ini akan digelar di Djakarta Theatre XXI Jakarta Pusat pada 1 April 2014 sebelum malam puncak Hari Film Nasional.

8. Malam puncak Hari Film Nasional 2014 yang akan digelar di Ballroom CLub XXI Djakarta Theatre pada 1 April 2014. Acara ini akan dipandu oleh Nirina Zubir dan dimeriahkan oleh beberapa penyanyi seperti Reza Artamevia, Ihsan Traore, dan Dira Sugandi.

Rangkaian kegiatan tersebut mendapat dukungan sepenuhnya dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Bentuk dukungan nyata adalah melalui kerjasama dengan Inggris, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat. Menurutnya, film memiliki peranan penting dalam sebuah negara. Tidak hanya dari segi ekonomi, film juga berperan sebagai senjata ampuh dalam diplomasi kultural maupun media promosi tempat wisata suatu negara seperti yang sudah dilakukan Korea Selatan. Rangkaian roadshow ke sekolah-sekolah juga dimaksudkan untuk memberikan literasi kepada para generasi muda sekaligus memupuk kecintaan terhadap karya anak bangsa. Tonggak sejarah dunia film nasional di waktu lampau ditandai dengan pengambilan gambar pertama dari film karya Usmar Ismail, ‘Darah dan Doa’ serta ‘Long Marh of Siliwangi’ pada 30 Maret 1950. Meskipun dalam beberapa hal industri film kita masih tertinggal bahkan dari tetangga kita Thailand, kita tetap harus bangga dan datang ke bioskop untuk menonton film dari negeri sendiri. Yuk, tonton terus film Indonesia!

Penulis : Reza Iswahyudi Rusdi

http://younameit-id.com/

 

About rezarusdi

Director of Younameit! Productions
This entry was posted in Artikel, event, Film & DVD and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>